Day 10 | Buku yang Bisa Membuatmu Semangat Menulis


29 November 2018


Nah, kali ini yang dibahas buku. Saya adalah tipe pembaca buku gado-gado, novel boleh, puisi boleh, curhatan juga boleh. Hehe.. Tapi buku yang sering saya baca dan sampai saat ini setia menemani perjalanan saya adalah buku tentang menulis, rasanya setelah baca buku ini semangat menulisku kembali membara, walau kadang-kadang terhempas angin begitu saja. Hehe.
Langsung saja saya akan menuliskan gambaran sedikit dari buku favorit yang selama ini mengisi hari-hariku.

1. Pokoknya Menulis – Karya A. Chaedar Alwasilah dan Senny Suzzana Alwasilah

Buku ini saya dapatkan dari koleksi baca milik Ibuku, ya, dari dulu memang yang menyemangati saya untuk giat membaca adalah Ibu. Dilihat-lihat koleksi buku Ibu juga lebih banyak loh daripada saya. :D

Kembali ke pembahasan, yang menarik adalah buku ini ditulis oleh suami istri yang kompak. Dan mereka juga bukan orang sembarangan, karena buku ini  diadakan oleh Direktorat Jenderal Departemen Pendidikan Nasional yang tidak setiap  orang bisa memilikinya. Sayang sekali sebenarnya.

Buku ini mengusung konsep kolaborasi dalam menulis, jadi ada teknik yang menurut saya sangat bagus jika diterapkan untuk penulis yang baru ingin memulai.

Seperti halnya:
  • Saling mengoreksi hasil tulisan bersama teman
  • Menyadari dosa kecil dalam penulisan seperti tanda baca, peletakan anak kalimat dan induk kalimat yang tidak sesuai dll.
  • Berkomitmen setiap kali menulis sesuatu.

2. UKTUB! Panduan Lengkap Menulis Buku dalam 180 Hari – Karya Akbar Zaenuddin

Seperti judulnya, buku ini benar-benar lengkap dari proses memulai hingga akhir. Akbar Zenuddin ini juga seorang penulis buku bes seller “Man Jadda Wajada”. Isi dari buku UKTUB di antaranya:

a.       Tentang Manfaat Menulis Buku
b.      Apa yang Akan Kita Tulis
c.       Dari Mana Mencari Ide
d.      Langkah Menulis Fiksi Maupun Nonfiksi
e.      Bagaimana Memulai Revisi
f.        Mengenali Target Pembaca Buku
g.       Mengenal Pnerbit
h.      Bagaimana Mengirim Naskah
i.         Menggunakan Sistem Royalti atau Jual Putus
j.        Daftar Alamat Lengkap Penerbit di Indonesia

Wow.. Sangat lengkap sekali bukan. :D

Itu tadi sedikit ulasan saya tentan buku yang membuat semangat menulis, kapan-kapan InsyaAllah saya akan mengulas  lebih detail dan lengkap sehingga kita bisa belajar bersama.
So jangan menyerah dan mulailah berkarya.



Salam,

Ulinniqu ~

Comments

Popular posts from this blog

Day 9 | Siapa Blogger Favoritku?

Cellular: Film (nyerempet) Review?

Day 1 | Kenapa Menulis Blog? - Curahan Hati