Book Review: "UGLY" By Constance Briscoe

Buku ini adalah sebuah catatan suram masa kecil seorang hakim di Inggris. Constance Briscoe harus menemui masa-masa sulit ketika tinggal bersama ibunya. Dia terus-menerus dianiaya oleh ibunya, baik secara fisik maupun mental. Kerap dipukuli dan tidak diberi makan, Constance begitu putus asa sehingga dia mendatangi Dinas Sosial dan minta ditempatkan di Panti Sosial.

Kondisi sulit dan tekanan ekonomi kerap menjadi pemicu kekerasan dalam rumah tangga, banyak orang tua yang belum siap menghadapi tanggung jawab pada anak-anaknya, sehingga seringkali melampiaskan kekesalan pada buah hatinya.

Di dalam buku ini kita akan menjumpai sisi-sisi lain alasan mengapa Carmen Briscoe-ibu dari Constance-melakukan hal yang tidak masuk akal kepada putrinya.

Kisah ini bukan hanya menjelaskan detail kekerasan yang dialami Constance, ia juga pernah memiliki momen-momen bahagia ketika bekerja di beberapa tempat dan mendapatkan kehangatan keluarga yang menusiawi ketika tinggal sementara bersama Miss K (salah satu guru di sekolah dasarnya).

Jalan yang dilalui constance dalam memperjuangkan keadilan begitu rumit, ketika buku Ugly terbit pertama kali, banyak yang meragukan kevalidan isi namun sekaligus segera menjadi perhatian publik karena rasa penasaran sekaligus kasihan.

Perjalanan kesuksesan buku Ugly tidak berjalan mulus begitu saja, ibu dan saudara-saudara Constanse mencoba menggugat dan mengklaim bahwa buku ini kisah khayalan.

Selamat membaca dan mari merenungkan kembali hal baik apa yang kita dapat setelah membacanya.

Kediri, 17 April 2018

Comments

Popular posts from this blog

Manajemen Hati, perlukah?

Love and Faith

Day 8 | Barang yang Selalu Kubawa