Day 13 | Jelajah Museum



03 Desember 2018

Jelajah Museum

Di challenge kali ini kita akan membahas museum, bicara soal museum bayangan kita oasti langsung menuju ruangan yang besar dan berisi barang-barang kuno, apa sih sebenarnya keistimewaan berkunjng di museum. Dilansir dari https://manfaat.co.id/manfaat-berkunjung-ke-museum ada beberapa hal yang harus kamu ketahui.

Manfaat berkunjung ke museum di antaranya adalah:
1.       Menambah pengetahuan dan Informasi
2.       Sebagai sarana referensi visual
3.       Mendpat prespektif waktu yang lebih jelas dan luas
4.       Memberikan suasana yang berbeda
5.       Meningkatkan rasa nasionalisme dan kebanggaan

Nah, di Indonesai sendiri ada banyak sekali museum yang bagusa dan rasanya ingin saya kunjungi semua, hehe. Tapi ada beberpa list museum impian saya yang semoga saja segera mendapatkan kesempatan untuk mengunjunginya.

1.       Museum Nasional Indonesia
Terletak di Jalan Merdeka Barat, JakPus, Museum yang diklaim terbesar di Asia Tenggara ini kadang disebut dengan nama Museum Gajah karena terdapat patung gajah perunggu, yakni pemberian dari raja Chulalongkorn dari Thailand pada tahun 1871. Koleksinya sndiri cukup lengkap dengan banyaknya prasasti, barang kerajinan dan arca kuno.

2.       Museum Bank Indonesia

Terletak di Jalan Pintu Besar Utara 3, Jakarta, museum ini tidak memungut biaya masuk. Sebagai cagar budaya peninggalan zaman kolonial belanda, gedung museum ini memiliki desain dan konsep yang unik.

3.       Museum Ullen Sentalu

Terletak di Jalan Boyong Kaliurang, Yogyakarta, museum pribadi yang didirikan oleh keluarga Hayono ini dikenai biaya masuk sebesar Rp. 25.000, dan sudah ada pemandu yang siap menerangkan segala informasi dan koleksi, terutama budaya dan kehidupan para bangsanwan Kesultanan Mataram. Museum ini direkomendasikan jikaingin berwisata sejarah dan mengenal budaya Jawa Kuno. Wah penasaran sekali.

Baiklah, itu tadi list museum yang ingin saya kunjungi, dan tidak menutup kemungkinan list ini akan semakin bertambah jika saya mulai sering mencari berita tentang museum yang ada di Indonesia. Hehe.

Kamu suka museum tidak? Museum apa saja yang ingin kamu kunjungi?

Ulinniqu~

Comments

Post a Comment

Popular posts from this blog

Day 9 | Siapa Blogger Favoritku?

Cellular: Film (nyerempet) Review?

Day 8 | Barang yang Selalu Kubawa