Day 11 | Mengoleksi Buku Bisa Menghilangkan Kepenatanmu


30 November 2018

Mengoleksi Buku Bisa Menghilangkan Kepenatanmu

Percaya tidak? Awalnya saya kurang menyadari jika sering bersentuhan dengan buku bisa membuat saya menjadi  rileks dan nyaman, dulu kalau sedang penat dan suntuk tempat favorit saya di kampus adalah perpustakaan lantai dua, menghadap jendela dan di depannya sudah ada setumpuk bacaan dan makanan. Hehe.

Kebiasaan membaca memang sudah diterapkan oleh orangtua saya sejak kecil, terutama Ibu. Kebetulan beliau guru di Madrasah Ibtidaiyah dan suka membaca. Ibu juga memiliki beberapa koleksi buku yang menurut saya sangat ajaib, itu dulu waktu saya kecil. Ternyata semakin besar saya paham itu puisi dan cerpen-cerpen. Hehe.

Saat mulai menyadari bahwa saya lebih suka sendiri sambil membaca buku saya mulai mengoleksi buku-buku tentang puisi, waktu itu bukunya WS. Rendra beberapa sudah saya koleksi, semakin tahun koleksi saya mulai bervariasi, dari komik, novel roman, novel fiksi, novel Islami dll.

Saya juga mulai suka buku traveling dan buku seni. Kebiasaan mengkoleksi buku dengan berbagai macam genre membuat saya semakin suka dengan dunia tulis menulis. Sampai saat ini saya memang masih belum berhasil membuat buku hehe, banyak sekali halangan dan rintangan, tapi saya yakin semua ini hanya proses dan akan berakhir sesuai dengan harapan jika kita mengusahakannya.

Berikut ini adalah manfaat mengkoleksi buku menurut saya pribadi, hehe.

1.       Menambah Ilmu dan Wawasan

Jelas sekali ya, dengan membaca buku kita akan menambah wawasan. Buku apa? Buku apa saja. Setiap buku memiliki ciri khas dan keunikan masing-masing tergantung buku apa yang kamu sukai.

2.       Menghilangkan Kepenatan Hidup

Hehe. Gitu amat judulnya, ya karena ini juga berdasarkan pengalaman pribadi, dengan mengoleksi buku saya jadi sibuk dengan dunia sendiri, lupa masalah hidup yang kadang membuat kepala pusing. Untuk rehat sejenak itulah saya akhirnya memilih tenggelam bersama tumpukan buku, dan Alhamdulillah selalu ada saja inspirasi yang pada akhirnya membuat saya kembali semangat 45.

3.       Lebih Open Minded

Terbiasa membaca banyak gagasan dari berbagai tulisan membuat kita menjadi lebih respek terhadap peristiwa yang terjadi di sekitar. Ini penting sekali, sebagai makhluk sosial sudah pasti kepekaan adalah modal yang penting dalam membangun suatu relasi agar tecipta hubungan yang baik dan bisa saling menghargai.

Nah itu tadi beberapa manfaat mengoleksi buku versi saya, hehe. Selain itu masih banyak lagi. Semua bisa disesuaikan dengan passion kita. Intinya jangan pelit dalam mentasarufkan untuk buku. Karena ilmu adalah bekal yang penting dalam menjalani kehidupan.

Semoga bermanfaat.


Salam,
Ulinniqu 


Comments

Popular posts from this blog

Day 9 | Siapa Blogger Favoritku?

Cellular: Film (nyerempet) Review?

Day 1 | Kenapa Menulis Blog? - Curahan Hati